UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI
A. Unsur
Administrasi menurut The Liang Gie:
11. Unsur statis:
11. Unsur statis:
a.
Organisasi
b. Manajemen
c.
Komunikasi
d. Informasi
e.
Personalia
f.
Finansia
g. Materia
h. Relasi
Publik
2. Unsur
dinamis:
a.
Tata
keragaan
b. Tata
pimpinan
c.
Tata
hubungan
d. Tata
keterangan
e.
Tata
kepegawaian
f.
Tata
keuangan
g. Tata
perbekalan
h. Tata humas
B. Unsur
administrasi secara umum
- Organisasi
- Manajemen
- Komunikasi
- Kepegawaian
- Keuangan
- Perbekalan
- Ketatausahaan
- Hubungan masyarakat
C. Uraian
unsur-unsur administrasi:
1. Organisasi
proses kegiatan yang berkenaan dengan pengaturan, penyususnan, pembagian kerja
dari suatu usaha kerjasama unutk mencapai tujuan tertentu.
2. Manajemen
adalah aktivitas menggerakan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas
unutk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
3. Komunikasi
adalah suatu prose transaksi yang mengandung arti dari kemunikator ke komunikan
untuk mencapai tuhuan tertentu. Adapun unsur-unsur komunikasi diantaranya
komunikan, komunikator, media/saluran, pesan, gangguan, dan umpan
balik.
4. Kepegawaian
adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan pengurusan tenaga kerja manusia
yang dimulai sejak dari penrimaan, pengankatan, penempatan, pembibimbingan,
pengarahan, pemberihentian, pemindahan,/promosi, sampai dengan
pemberhentian/pensiun/tidak pensiun.
5. Keuangan
adalah suatu kegiatan usaha kerjasama sari sekelompok orang untuk mencapai
tujuan tertentu yang berkaitan dengan pembiayaa atau uang.
6. Perbekalan
adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengurusan barang-barang
perbekalan yang dapat membawa
terlaksananya suatu kegiatan dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan
tertentu.
7. Ketatausahaan
adalah kegiatan yang berkenaan dengan penyediaan bahan-bahan keterangan yang
diperlikan dalam kegiatan usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai
tujuan yang telah ditentukan.
8. Hubungan
masyarakat adalah kegiatan yang berkenaan dengan usaha utnuk menjaga adanya
hubungan baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain dan juga
masyarakat sekitar.
Sumber: Sutarto. 1982. Ilmu Administrasi.
Yogyakarta: Supersukses
Nama : Dewi Rahmah
NIM : 215.057.20201.2050
Jurusan : Administrasi Publik / Semester I ( Ganjil )
·
Unsur
Luas
1. Organisasi
Organisasi
berasal dari istilah Latin “Organum” dan istilah Yunani “Organom” yang berarti
alat, anggota, bagian, atau badan organisasi mempunyai 2 arti, yaitu :
a. Statis
: Wadah Kegiatan b. Dinamis
: System pembagian kerja
Organisasi adalah wadah dimana segenap alat
tubuh tersusun dengan teratur, yang bergerak dan bekerja masing – masing sesuai
dengan tugasnya. Aktivitas – aktivitas
dalam organisasi :
- Penyusunan bentuk dan pola kerjasama
- Membagi – bagi wewenang masing – masing
sesuai pelaksana
- Menentukan tugas pekerjaan orang – orang yang
tergabung dalam kesatuan kerjasama.
2. Manajemen
Manajemen
adalah aktivitas menggerakkan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas
yang dipunyai oleh sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan
tertentu.
Faktor Manajemen (5M) :
Man, Money, Metode, Market, Material, dan
Machine.
Fungsi Manajemen :
POAC dan POSDCORB
3. Komunikasi
Komunikasi
adalah penyampaian pesan yang mengandung macam – macam keterangan dari
seseorang kepada orang lain dalam suatu organisasi tertentu dan dalam rangka usaha kerja sama
untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.
Syarat Komunikasi :
Ada sumber berita
Terjadi dalam setiap usaha kerja sama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
· Unsur
Sempit
4. Kepegawaian
Kepegawaian
adalah suatu kegiatan yang mengurus tenaga kerja manusia. Kegiatan kepegawaian meliputi : penerimaan,
penempatan, pembimbingan, peningkatan, dan pemberhentian.
5. Keuangan
Keuangan
adalah kegiatan yang berkaitan dengan biaya dalam suatu organisasi. Pengelolaan keuangan dimulai dari sumber daya
diperoleh, cara menggunakan uang kalau sudah didapat, dan cara mempertanggungjawabkan
secara sah dan efisien.
6. Perbekalan
Perbekalan
adalah kegiatan yang mengurus barang – barang perbekalan yang dapat membantu
terlaksananya suatu kegiatan dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan
tertentu. Pengurusan barang – barang
perbekalan mulai dari menetukan berapa banyak barang yang diperlukan, pemakaian
barang, pemeliharaan, dan penyingkiran.
7. Ketatausahaan
Ketatausahaan
adalah suatu kegiatan penataan atau pengaturan bahan keterangan mulai dari
menghimpun, mencatat bahan – bahan keterangan sampai dengan mengolah,
mengadakan, mengirim, dan menyimpan bahan – bahan keterangan.
8. Humas
Humas
adalah suatu aktivitas yang berusaha untuk menjaga hubungan baik atau jalinan
baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain.
Contoh – contohnya :
Contoh Organisasi : OSIS,
Perseroan terbatas, sekolah, Negara, Arisan ibu – ibu sekampung, belajar bersama anak – anak sd,
camping ke Gunung Pangrango, rame-rame dengan teman.
Contoh Top Manajemen : CEO
(Chief Executive Officer), CFO (Chief Financial Officer), Supervisor, Kepala
Seksi, mandor, kepala bagian, kepala departemen, manajemen lini pertama.
Contoh Komunikasi : -
Komunikasi verbal ini meliputi : bahasa asal, kebiasaan, tingkat pengetahuan,
intelejensia, aspek budaya.
- Komunikasi Nonverbal ini meliputi :
Bahasa tubuh, contohnya mengacungkan jempol
Sentuhan, contohnya jabat tangan
Parabahasa, contohnya intensitas (volume) suara, intonasi.
Parabahasa, contohnya intensitas (volume) suara, intonasi.
Warna, contohnya warna merah sering digunakan
sebagai symbol protes.
Contoh Kepegawaian : Penerimaan pegawai, penempatan pegawai, pembimbing pegawai, peningkatan
pegawai, pemberhentian pegawai.
Contoh Keuangan :
Laporan keuangan arus kas, laporan keuangan perusahaan dagang, laporan
laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca.
Contoh Perbekalan / Peralatan Kantor
ada 5 yaitu :
1.
Perabot kantor, contohnya meja, kursi, lemari.
2.
Peralatan / perlengkapan kantor, contohnya kertas, amplop, pita mesin.
3.
Mesin – mesin kantor, contohnya mesintik, computer, stensil.
4.
Pesawat kantor, contohnya intercom, telepon, fax.
5.
Interior kantor, contohnya gambar, lampu, vas bunga.
Contoh Tata Usaha (TU) :
-
Mengisi formulir
-
Menangani surat masuk & surat keluar
-
Mengarsipkan dokumen penting
-
Mengetik (Membuat naskah)
Contoh Humas :
-
Mengantisipasi, menganalisa dan menerjemahkan pendapat publik, sikap dan
masalah.
- Membuat rencana dan menerapkan upaya organisasi untuk mempengaruhi mengubah kebijakan umum.
- Membuat rencana dan menerapkan upaya organisasi untuk mempengaruhi mengubah kebijakan umum.
- Menentukan sasaran, membuat rencana, membuat anggaran, menyaring dan
melatih staf.
Nama : Fitriani
NIM : 215.057.20201.2130
Jurusan : Administrasi Publik / Semester I ( Ganjil )
0 komentar:
Posting Komentar