Minggu, 11 Oktober 2015

Unsur - unsur Administrasi

UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI

 A.  Unsur Administrasi menurut The Liang Gie:
11.      Unsur statis:
a.        Organisasi
b.      Manajemen
c.       Komunikasi 
d.      Informasi
e.       Personalia
f.       Finansia
g.      Materia
h.      Relasi Publik
2.      Unsur dinamis:
a.       Tata keragaan
b.      Tata pimpinan
c.       Tata hubungan
d.      Tata keterangan
e.       Tata kepegawaian
f.       Tata keuangan
g.      Tata perbekalan
h.      Tata humas

B.     Unsur administrasi secara umum
  1. Organisasi
  2. Manajemen
  3. Komunikasi
  4. Kepegawaian
  5. Keuangan
  6. Perbekalan
  7. Ketatausahaan
  8. Hubungan masyarakat
C.     Uraian unsur-unsur administrasi:
1.  Organisasi  proses kegiatan yang berkenaan dengan pengaturan, penyususnan, pembagian kerja dari suatu usaha kerjasama unutk mencapai tujuan tertentu.
2.  Manajemen adalah aktivitas menggerakan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas unutk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
3.  Komunikasi adalah suatu prose transaksi yang mengandung arti dari kemunikator ke komunikan untuk mencapai tuhuan tertentu. Adapun unsur-unsur komunikasi diantaranya komunikan, komunikator, media/saluran, pesan, gangguan, dan umpan balik.  
4.  Kepegawaian adalah suatu kegiatan yang berkaitan dengan pengurusan tenaga kerja manusia yang dimulai sejak dari penrimaan, pengankatan, penempatan, pembibimbingan, pengarahan, pemberihentian, pemindahan,/promosi, sampai dengan pemberhentian/pensiun/tidak pensiun.
5.  Keuangan adalah suatu kegiatan usaha kerjasama sari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu yang berkaitan dengan pembiayaa atau uang.
6.    Perbekalan adalah kegiatan yang berkaitan dengan pengurusan barang-barang
perbekalan yang dapat membawa terlaksananya suatu kegiatan dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
7.  Ketatausahaan adalah kegiatan yang berkenaan dengan penyediaan bahan-bahan keterangan yang diperlikan dalam kegiatan usaha kerjasama sekelompok orang untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
8.  Hubungan masyarakat adalah kegiatan yang berkenaan dengan usaha utnuk menjaga adanya hubungan baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain dan juga masyarakat sekitar.
Sumber: Sutarto. 1982. Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Supersukses

Nama                    :  Dewi Rahmah
NIM                       :  215.057.20201.2050
Jurusan                :  Administrasi Publik / Semester I ( Ganjil )


·         Unsur Luas

1.   Organisasi
 Organisasi berasal dari istilah Latin “Organum” dan istilah Yunani “Organom” yang berarti alat, anggota, bagian, atau badan organisasi mempunyai 2 arti, yaitu :
a.   Statis  :  Wadah Kegiatan                     b.  Dinamis  :  System pembagian kerja
Organisasi adalah wadah dimana segenap alat tubuh tersusun dengan teratur, yang bergerak dan bekerja masing – masing sesuai dengan tugasnya.  Aktivitas – aktivitas dalam organisasi :
-   Penyusunan bentuk dan pola kerjasama
-   Membagi – bagi wewenang masing – masing sesuai pelaksana
-   Menentukan tugas pekerjaan orang – orang yang tergabung dalam kesatuan kerjasama.

2.    Manajemen
Manajemen adalah aktivitas menggerakkan segenap orang dan mengarahkan semua fasilitas yang dipunyai oleh sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Faktor Manajemen (5M) :
Man, Money, Metode, Market, Material, dan Machine.
Fungsi Manajemen :
POAC dan POSDCORB

3.    Komunikasi
Komunikasi adalah penyampaian pesan yang mengandung macam – macam keterangan dari seseorang kepada orang lain dalam suatu organisasi  tertentu dan dalam rangka usaha kerja sama untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.  Syarat Komunikasi :
Ada berita
Ada sumber berita
Terjadi dalam setiap usaha kerja sama sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

·       Unsur Sempit

4.    Kepegawaian
Kepegawaian adalah suatu kegiatan yang mengurus tenaga kerja manusia.  Kegiatan kepegawaian meliputi : penerimaan, penempatan, pembimbingan, peningkatan, dan pemberhentian.

5.    Keuangan
Keuangan adalah kegiatan yang berkaitan dengan biaya dalam suatu organisasi.  Pengelolaan keuangan dimulai dari sumber daya diperoleh, cara menggunakan uang kalau sudah didapat, dan cara mempertanggungjawabkan secara sah dan efisien.

6.    Perbekalan
Perbekalan adalah kegiatan yang mengurus barang – barang perbekalan yang dapat membantu terlaksananya suatu kegiatan dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.  Pengurusan barang – barang perbekalan mulai dari menetukan berapa banyak barang yang diperlukan, pemakaian barang, pemeliharaan, dan penyingkiran.

7.    Ketatausahaan
Ketatausahaan adalah suatu kegiatan penataan atau pengaturan bahan keterangan mulai dari menghimpun, mencatat bahan – bahan keterangan sampai dengan mengolah, mengadakan, mengirim, dan menyimpan bahan – bahan keterangan.

8.    Humas
 Humas adalah suatu aktivitas yang berusaha untuk menjaga hubungan baik atau jalinan baik antara organisasi yang satu dengan organisasi yang lain.

Contoh – contohnya :
Contoh Organisasi : OSIS, Perseroan terbatas, sekolah, Negara, Arisan ibu – ibu sekampung,         belajar bersama anak – anak sd, camping ke Gunung Pangrango, rame-rame dengan teman.
Contoh Top Manajemen : CEO (Chief Executive Officer), CFO (Chief Financial Officer), Supervisor, Kepala Seksi, mandor, kepala bagian, kepala departemen, manajemen lini pertama.
Contoh Komunikasi  :  - Komunikasi verbal ini meliputi : bahasa asal, kebiasaan, tingkat pengetahuan, intelejensia, aspek budaya.
           -    Komunikasi Nonverbal ini meliputi :
Bahasa tubuh, contohnya mengacungkan jempol
  Sentuhan, contohnya jabat tangan
 Parabahasa, contohnya intensitas (volume) suara, intonasi.
Warna, contohnya warna merah sering digunakan sebagai symbol protes.
Contoh Kepegawaian : Penerimaan pegawai, penempatan pegawai, pembimbing pegawai, peningkatan pegawai, pemberhentian pegawai.
Contoh Keuangan  :  Laporan keuangan arus kas, laporan keuangan perusahaan dagang, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca.
Contoh Perbekalan / Peralatan Kantor ada 5 yaitu :
1.  Perabot kantor, contohnya meja, kursi, lemari.
2.  Peralatan / perlengkapan kantor, contohnya kertas, amplop, pita mesin.
3.  Mesin – mesin kantor, contohnya mesintik, computer, stensil.
4.  Pesawat kantor, contohnya intercom, telepon, fax.
5.  Interior kantor, contohnya gambar, lampu, vas bunga.
Contoh Tata Usaha (TU)  :
-  Mengisi formulir
-  Menangani surat masuk & surat keluar
-  Mengarsipkan dokumen penting
-  Mengetik (Membuat naskah)
Contoh Humas  :
-  Mengantisipasi, menganalisa dan menerjemahkan pendapat publik, sikap dan masalah.
- Membuat rencana dan menerapkan upaya organisasi untuk mempengaruhi mengubah kebijakan umum.
-  Menentukan sasaran, membuat rencana, membuat anggaran, menyaring dan melatih staf.

Nama                    :  Fitriani
NIM                       :  215.057.20201.2130
Jurusan                :  Administrasi Publik / Semester I ( Ganjil ) 

0 komentar:

Posting Komentar