Minggu, 11 Oktober 2015

Organisasi

Organisasi

Organisasi merupakan suatu kerangka yang menjadi wadah dan sarana bagi segenap kegiatan dan usaha kerjasama untuk mencapai tujuan.

Menurut Ensiklopedi Administrasi Yang Disusun Oleh Drs. Liang Gie Dan Kawan – kawan :  Organisasi adalah “Suatu sistem usaha kerjasama daripada kelompok orang untuk mencapai tujuan bersama”.

Pengertian organisasi dapar ditinjau dari 2 segi :
a. Organisasi Statis, yaitu organisasi sebagai wadah atau tempat melaksanakan administrasi & manajemen.
b. Organisasi Dinamis, yaitu organisasi sebagai proses antar aksi menimbulkan 2 hubungan dalam organisasi, yaitu formal ( Resmi ) & Informal ( Tidak Resmi ).

Hubungan formal dalam organisasi, pada umumnya, telah diatur dalam dasar hukum & menurut prosedur dalam struktur organisasi.  Sebaliknya, hubungan informal tidak diatur dalam dasar hukum serta tidak terdapat dalam bagian struktur organisasi.  Agar mencapai tujuan dengan baik, maka suatu organisasi harus memenuhi 2 syarat yaitu efisien & sehat.

Perkataan organisasi berasal dari bahasa Latin, yaitu Organum, yang dapat berarti alat, bagian, atau anggota badan.
Menurut P. Siagian, MPA. Phd., organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang / lebih yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama & terikat secara formal dalam suatu ikatan hirarki yang selalu terdapat hubungan antara seseorang / sekelompok orang yang disebut pemimpin & seorang / kelompok orang yang disebut bawahan.

Struktur Oganisasi :
Organisasi Garis / Lini ( Line Organization )
Ciri – ciri struktur organisasi garis adalah yang menghubungkan satu jabatan dengan yang lain ( pimpinan dengan bawahan ) diwujudkan dengan garis lurus. Umumnya jenis ini memakai bentuk piramid.
Kebaikan Organisasi Garis
a.       Sederhana sehingga mudah dipahami & diingat.
b.      Pembagian tanggung jawab & wewenang tegas.
c.       Mudah melaksanakan kegiatan berdasarkan perintah dari atas menurut tingkatan (hierarki).
d.      Disiplin, karena pengawasannya jelas.

Kelemahan organisasi garis.
a.       Beban pimpinan sangat berat karena ada pembagian tugas.
b.      Kurang efisien karena tidak ada spesialisasi, tiap bagian harus bekerja secara umum.
c.       Kerjasama antarbagian yang dibawah sulit karena tidak ada saluran.
d.      Instruksi dapat berbeda – beda ditafsirkan oleh bagian bawah.

Organisasi Fungsional
Dalam organisasi fungsional, para pejabat ahli mempunyai wewenang memberikan perintah menurut bidangnya sendiri.
Umumnya, organisasi ini digunakan di pabrik yang jumlah pekerjanya banyak & memerlukan pengawasan yang ketat demi mutu produksi.
Kebaikan organisasi fungsional,
a.   Perbedaan antara pekerjaan otak (brains) dengan pekerjaan tangan dapat dilakukan.
b.    Spesialisasi yang bermutu dapat diperoleh.
c. Tenaga kerja yang diperlukan memenuhi syarat & menurut norma tertentu.

Kelemahan organisasi fungsional.
a. Organisasi fungsional mahal biayanya, karena gaji tenaga ahlinya mahal.
b.   Bentuk organisasi kadang – kadang merupakan piramid terbalik.
c.  Pertanggungjawaban kurang terbagi sehingga dapat menyebabkan terjadinya perselisihan antara pejabat.

Organisasi Garis – Staff – Fungsional
Organisasi ini merupakan penggabungan dari ke-3 organisasi sehingga menjadi bentuk organisasi yang lebih sempurna. Kebaikan – kebaikan dari gabungan organisasi ini di himpun & kelemahan – kelemahannya disingkirkan.

Organisasi Garis & Staf, merupakan penyempurnaan dari organisasi garis. Pimpinan yang terlalu berat bebannya membutuhkan anggota staf yang fungsinya memberi nasihat / saran kepada pimpinan, tanpa adanya perlimpahan wewenang & tanggung jawab ke bawah & ke atas.  Garis staf dengan pimpinan dinyatakan dengan garis putus – putus / garis warna lain sehingga dapat dibedakan dengan garis komando & tanggung jawab.

Kebaikan bentuk organisasi garis & staf.
a.       Spesialisasi, sesuai perencanaan pimpinan & pelaksanaan dapat dilaksanakan
b.      Disiplin yang baik dapat dicapai
c.       Garis kekuasaan cukup jelas karena merupakan perbaikan dalam tata kerja yang kurang efisien.

Kelemahan bentuk organisasi garis & staf.
a.       Tidak adanya dukungan dari pimpinan atas pemikiran staf sehingga menimbulkan kerja yang kurang efektif.
b.      Penilaian pendirian antara pimpinan & staf kurang lancar sehingga menghambat jalannya pekerjaan.
c.       Terdapatnya perbedaan pendapat antara pejabat lini dengan staf, mengenai instruksi yang dikeluarkan oleh pimpinan.

Unsur – unsur organisasi :
1.       Pengorganisasian; Rangkaian menyusun suatu kerangka yang menjadi wadah bagi segenap kegiatan dari usaha kerja sama dengan jalan : Membagi dana mengelompokkan pekerjaan – pekerjaan yang harus dilaksanakan, menetapkan & menyusun jalinan hubungan kerja diantara para petugas / unit – unit tugas.
2.       Manajemen; Rangkaian aktivitas menggerakkan sekelompok orang – orang & mengerahkan segenap fasilitas untuk mencapai tujuan tertentu.
3.       Komunikasi; Rangkaian aktivitas menyampaikan warta dan memindahkan secara cermat buah pikiran dari seseorang kepada pihak lain dalam usaha kerjasama yang bersangkutan.
4.       Kepegawaian; Rangkaian aktivitas mengatur dan mengurus penggunaan tenaga – tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerjasama yang bersangkutan.
5.       Keuangan; Rangkaian aktivitas mengelola segi – segi pembiayaan sampai pertanggungjawaban keuangan dalam usaha kerjasama yang bersangkutan.
6.       Perbekalan
7.       Tata Usaha (TU)
8.       Hubungan Masyarakat (Humas)

Nama                    :  Indah Khairunisa                          
NIM                       :  215.057.20201.2098
Jurusan                :  Administrasi Publik / Semester I ( Ganjil )


Definisi Organisasi

  1.  Organisasi adalah susunan & aturan dari berbagai bagian (orang dsb).
  2. Sehingga merupakan kesatuan yang teratur (10. J. S Poerwardarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)
  3. Organisasi adalah sistem sosial yan gmemiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota.
  4. Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.


Unsur-unsur organisasi :
  • -          Sebagai wadah / tempat untuk bekerja sama
  • -          Proses kerja sama sedikitnya antar 2 orang
  • -          Jelas tegas kedudukannya masing-masing
  • -          Ada tujuan tertentu


G.R. Terry dalam buku tentang manajemen, merumuskan bagan organisasi sebagai berikut. “Sebuah bagan organisasi adalah suatu bentuk tulisan / lukisan yang menunjukkan segi – segi penting dari suatu organisasi, termasuk fungsi – fungsi utama & hubungan – hubungannya masing – masing 1 sama lain, saluran – saluran pengawasan & wewenang yang bertalian dari setiap pegawai yang dibebani dengan masing – masing fungsi.”
Sedangkan dalam bukunya mengenai administrasi perkantoran, beliau memberikan batasan sebagai.
“Suatu bagan organisasi adalah sebuah gambaran grafis dari struktur organisasi.”
Bagan organisasi dimuat dalam surat keputusan tentang berdirinya organisasi, dan disebut sebagai organisasi resmi ( formal organization ).  Bagan organisasi dengan ukuran yang besar ditempelkan pada dinding dalam ruang pimpinan untuk memudahkan melihat garis hubungan pimpinan dengan bawahan.

Kesimpulan : Organisasi adalah sekelompok orang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Bentuk organisasi :
-          Bentuk Piramid
-          Bentuk Meninggi ( Vertical )
-          Bentuk Mendatar
-          Bentuk Lingkaran ( Circle )

Bentuk organisasi dibedakan atas :

  1.  Bentuk piramid, yang menggambarkan jenjang – jenjang dari atas ke bawah & semakin  ke bawah semakin luas. Bentuk ini banyak dipakai di kalangan militer (military organization)
  2.  Bentuk meninggi (vertical) yang menyerupai bentuk piramid, bagian vertikal diwujudkan tegak sepenuhnya. Dalam menggambarkannya, terdapat 2 buah satuan yang dirangkaikan ke bawah.
  3.  Bentuk mendatar ( horizontal ) yang menggambarkan perintah & tanggung jawab dari kiri ke kanan. Struktur organisasi fungsional banyak mempergunakan bentuk ini & disebut juga sebagai organisasi ( mesin tik ( type writer organization ) ).
  4. Bentuk lingkaran ( circle ) yang menggambarkan hubungan antara para pejabat lebih intim karena di bawah / diperintah tidak tergambar.     
Nama                    :  Nor Zakiah                      
NIM                       :  215.057.20201.2088
Jurusan                :  Administrasi Publik / Semester I ( Ganjil )



0 komentar:

Posting Komentar