Pengertian Manajemen
Manajemen
adalah pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui dan bersama orang
lain. Secara etimologis yaitu management
yang artinya seni, mengatur dan melaksanakan. Fungsi Manajemen sebagai proses
menggerakkan tindakan kerjasama sehingga tujuan tercapai.
Unsur
– unsur Manajemen :
1) Man
(Manusia)
Dalam manajemen, faktor manusia
adalah yang paling menentukan. Manusia
yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai
tujuan.
2) Machine
(Mesin)
Dalam kegiatan perusahaan, mesin
sangat diperlukan penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan
keuntungan yang lebih besar. Serta
menciptakan efesiensi kerja.
3) Materials
(Perlengkapan)
Dalam dunia usaha untuk mencapai
hasil yag lebih baik dan harus dapat menggunakan bahan atau material sebagai
salah satu sarana.
4) Many
(Uang)
Uang merupakan salah satu unsur yang
tidak dapat diabaikan karena besar kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari
jumlah uang yang beredar di dalam perusahaan.
5) Methods
(Cara, Prosedur)
Dalam pelaksanaan kerja diperlukan
metode-metode kerja. Suatu tata cara
kerja yang baik akan memperlancar jalannya pekerjaan.
6) Market
(Pasar)
Penguasaan pasar dalam arti
menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas &
harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan
konsumen).
Nama : Nor Ajizah
NIM : 215.057.20201.2021
Jurusan : Administrasi Publik / Semester I ( Ganjil )
Definisi Manajemen
Manajemen adalah seni menyelesaikan
pekerjaan melalui orang lain. Definisi
Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan
mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Ricky W. Griffin mendefinisikan
manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian dan pengontrolan
sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan
dan diterima secara universal.
Secara etimologi kata manajemen dari
bahasa perancis kuno, management yang memiliki arti “Seni Melaksanakan dan
Mengatur” kata manajemen mungkin berasal dari bahasa italia “Maneggiare” yang
berarti mengendalikan.
Fungsi manajemen adalah
elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen
yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk
mencapai tujuan.
·
Prinsip
Manajemen :
1.
Pembagian
kerja (devision of work)
2.
Wewenang
dan tanggung jawab (authority and responsibility)
3.
Disiplin
(discipline)
4.
Kesatuan
perintah (unity of command)
5.
Kesatuan
pengarahan (unity of direction)
6.
Hirarki
(hierarchy)
7.
Tata
tertib (order)
8.
Keadilan
(equity)
·
Fungsi
umum manajemen :
1. Perencanaan
(planning)
Adalah suatu kegiatan
yang dilakukan untuk membuat tujuan perusahaan dengan berbagai rencana untuk
mencapai tujuan yang akan diraih.
2. Pengorganisasian
(organizing)
Adalah membagi suatu
kegiatan dasar menjadi suatu kegiatan-kegiatan kecil dengan membagi dalam
setiap tugas.
3. Pengarahan
(directing)
Adalah suatu tindakan
yang mengusahakan agar semua anggota kelompok untuk berusaha mencapai tujuan
sesuai dengan perencanaan.
Nama : Siti Fatimah
NIM : 215.057.20201.2092
Jurusan : Administrasi Publik / Semester I ( Ganjil )
Manajemen
Manajemen
adalah aktivitas yang menggerakkan segenap orang & mengarahkan semua
fasilitas yang dipunyai oleh sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai
tujuan tertentu.
Kata
manajemen berasal dari kata manage yang artinya mengusahakan, mengurus, dan
juga dari kata management yang artinya penyelenggaraan, pimpinan, pengurus.
Faktor
manajemen ada 5 ( 5 M ) : Man, Money, Metode, Market, Material, dan Machine.
Fungsi
Manajemen : POAC & POSDCORB.
Manajemen
juga adalah kemampuan untuk menggerakkan orang dan mengerahkan segenap
fasilitas yang ada dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
sebelumnya.
Karena
pentingnya peranan manajemen dalam organisasi tersebut, timbul pendapat yang
mengatakan :
1. Manajemen adalah inti dari
administrasi
2. Manajemen pada hakekatnya adalah
ilmu pemecahan dan pengambilan keputusan.
Sebagai bahan perbandingan dapat
dikemukakan pendapat Hary Parker Follet : “Management is the art getting things
done through people ……………….............................
………………………………………………………………………………………………………………………………………...
Management is the process of planning, organizing, leading and cotrolling, the
efforrts of organizasional members and the use of the other organizasional
resosurces in order to achieve state organizasional goals”.
Oleh Mary Parker selanjutnya
dikemukakan tugas – tugas seorang manager adalah sebagai berikut :
1. The manager assumes responsibility
2. The manager must balances competing
goals
3. The manager is a conceptional
thinker
4. The manager works with and through
other people
5. The manager is a mediator
6. The manager is a politician
7. The manager is a diplomat
8. The manager works difficult
decision.
Manager
adalah orang yang dipercayai untuk mengelola suatu organisasi / unit
organisasi. Manager harus berusaha
memanfaatkan unsur – unsur ( elements ) yang tercakup dalam organisasi dengan
sebaik – baiknya. Dengan unsur – unsur
yang dipercayakan kepadanya agar dapat memperoleh hasil yang sebaik – baiknya.
Tipe –
tipe manager antara lain :
a. Authoritative – dominator
b. Persuasive – crowd arouser
c. Democratic – group developer
d. Intellectual – eminent man
e. Executive – administrator
f.
Representative
– spokesman
Fungsi management adalah planning,
organizing, leading and controlling :
a. Menetapkan tujuan & menjaga arah
tujuan
b. Menyediakan alat – alat untuk
mencapai tujuan
c. Menyiapkan dan memelihara struktur
kelompok
d. Fasilitating aktivitas dan interaksi
kelompok
e. Memelihara kekompakan &
kepuasaan kelompok
f.
Fasilitating task performance dari group.
Wahjosoemidjo mengungkapkan di dalam
peranan sentral seorang manager dalam kehidupan organisasi antara lain
menyatakan sebagai berikut :
Banyak definisi manajemen, 1
diantaranya yang mengungkapkan bahwa manajemen tidak lain adalah suatu proses
kegiatan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan dan mengawasi dalam rangka
pencapaian tujuan organisasi yang telah ditentukan. Dari definisi tersebut dapat digambarkan
diagram sebagai berikut : Berdasarkan definisi itu dapat pula ditarik
kesimpulan bahwa seorang manajer tidak lain adalah seorang perencana,
pengorganisasi, penggerak ( leader ), dan pengawas dalam kehidupan organisasi.
Nama : Masjuwita
NIM : 215.057.20201.2062
Prodi : Administrasi Negara / Publik ( Ganjil )
0 komentar:
Posting Komentar